Pages

Pages - Menu

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Senin, 31 Desember 2012

LEMBAR KERJA SISWA AL KAFIRUN


MEDIA LEMBAR KERJA SISWA


Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Pengantar Media PAI
Dosen Pengampu: Dr. Sukiman, M.Ag


logo-uin-suka-baru-warna.jpg


Disusun Oleh Kelompok VIII:
EmanRoheman            V PAI A / 10411004
GalihLatiano               V PAI A / 10411011
Imalia Yoni P.             V PAI A / 10411019
AnasArrosyid              V PAI A / 10411020



JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2012


A.    Identitas
NamaSekolah                    : SMA / MA
Mata Pelajaran                  : Al-Qur’an
Kelas / Semester                : XII / I

B.     StandarKompetensi
Memahamiayat-ayat Al-Qur’an tentanganjuranbertoleransi

C.    KompetensiDasar
Membiasakanperilakubertoleransisepertiterkandungdalam QS.alKafiiruun

D.    Indokator
1.      Siswamampumembaca QS. Al-Kafirun
2.      Siswamampumenjelaskankandunganisi QS. Al-Kafirun
3.      Siswamampumenampilkancontohperilakutoleransidalamkehidupansehari-hari

E.     MateriPokok
1.      QS. Al-Kafirun
2.      Kandunganisi QS. Al-Kafirun.
3.      Contohperilakutoleransidalamkehidupansehari-hari.

F.     RingkasanMateri
Al Qur’an TentangToleransi
Surat al-Kafirun
A.    QS. Al-Kafirun
Surat al-Kaafirunterdiriatas 6 ayatsuratdanmerupakansurat yang ke 109. Surat al-Kafiruntermasukgolongansurat-suratMakkiyyahsesudahsurat al-Maa’uun. Suratinidinamai al Kaafirun (orang-orang Kafir) karenadiambildariperkataan Al-Kaafiruun yang terdapatpadaayatpertamasuratini.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
۰۱ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
 ۰٢ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
۰٣ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
۰٤ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
۰٥ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُد
۰٦ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."
1.    Katakanlah: "Hai orang-orang kafir!"
2.    aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
3.     Dan kamu bukan penyembah Ilah yang aku sembah
4.    Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5.     dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Ilah yang aku sembah
6.    Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku. [QS. Al-Kafiruun : 1-6]

B.     Kandungan Isi QS. Al Kafirun
Secaraumum, surat al-Kafirunmemilikiduakandunganutama. Pertama, ikrarkemurniantauhid, khususnyatauhiduluhiyah (tauhidibadah).Kedua, ikrarpenolakanterhadapsemuabentukdanpraktekperibadatankepadaselain Allah, yang dilakukanoleh orang-orang kafir.Secarakeseluruhan QS. Al-Kafirunmengajarkantentangsikappengakuanterhadapkemajemukandalamhalberagamanamunbukanpengakuanpembenaranterhadap agama lain. Kaummukminindibolehkanbergaul, berhubungan, berinteraksidanbekerjasamadengankaumpegikut agama lain dalamberbagaibidangkehidupanumum, sepertibidangsosialkemasyarakatan, ekonomi, bisnisdanperdagangan, politik, pemerintahandankenegaraan, dan lain-lain. Yang jelassemuabidangselainbidangkhusus agama yang mencakupmasalahaqidahdanibadah.

C.    ContohPerilakuMenjagaKelestarianLingkunganHidup
1.      DalamKehidupanSekolah
Contoh-contohtoleransidalamkehidupansekolahantara lain:
a.    Mematuhitatatertibsekolah.
b.    Salingmenyayangidanmenghormatisesamapelajar.
c.    Berkata yang sopanataumenyinggungperasaan orang lain.
2.      DalamKehidupan di Masyarakat
Contoh-contohtoleransidalamkehidupan di masyarakatantara lain:
a.    Adanyasikapsalingmenghormatidanmenghargaiantarapemeluk agama.
b.    Tidakmembeda-bedakansuku, rasataugolongan.
3.      DalamKehidupanBerbangsadanBernegara
Contoh-contohtoleransidalamkehidupanberbangsadanbernegaraantara lain:
a.    Merasasenasibsepenanggungan.
b.    Menciptakanpersatuandankesatuan, rasa kebangsaanataunasionalisme.
c.    Mengakuidanmenghargaihakasasimanusia

G.    Tugas
             I.      Test Kognitif
A.    Menjodohkan - Jawablahpertanyaan di bawahinidengancaramenjodohkanpernyataan di kolomsebelahkanandenganjawaban di kolomsebelahkiri!

1.      Sikapmenghormatidanmenghargaiperbedaan yang ada di antaraumat.
a.       Toleransi di sekolah
b.      Makiyyah
2.      Berkata yang sopanataumenyinggungperasaansiswa lain.
c.       Toleransi
d.      Madaniyyah
3.      Surat-surat yang diturunkan di Makkah
e.       Tauhidurububiyah
4.      Tauhiddalamhalibadah
f.       QS. Al-Kafirunayat 2
5.      لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
g.      Tauhiduluhiyah

B.     PilihanBenar Salah - Berikantndasilang (X) padajawaban B bilaBenardan S bila Salah dari pernyataan di bawah ini!

1.      B – S.     Surat al-Kafirunterdiridari 6 ayatdantermasukgolongansurat-suratMakiyyah.
2.      B – S.     Kandunganutamasurat al-Kafirundiantaranyaadalahikrarkemurniantauhiddanikrarpenolakanterhadapsemuabentukdanpraktekperibadatankepadaselain Allah.
3.      B – S.     QS. Al-Kafirunmengajarkantentangsikappengakuanterhadapkemajemukandalamhalberagama.
4.      B – S.     Agama islammemperbolehkanbekerjasamadenganpemeluk agama laindalamhalibadah.
5.      B – S.     Menciptakanpersatuandankesatuan, rasa kebangsaanataunasionalismemerupakansalahsatucontohsikaptoleransidalamkehidupanbermasyarakat.

C.    Uraian - Jawablahpertanyaan di bawahinidengantepatdanbenar!

1.      Tuliskan QS. Al-Kafirunayat 1-6 lengkapdengansyakalnya!
2.      Sebutkan 2 kandungankandunganutamasurat al-Kafirun!
3.      Jelaskanpenegasanayatkeduadankeempatdarisurat al-Kafirun!
4.      Jelaskankonseptoleransidalam Islam surat al-Kafirun!
5.      Sebutkanmasing-masing 2 contohsikaptoleransidalam kehidupandi sekolah, kehidupan di masyarakatdandalambehidupanberbangsadanbernegara!

          II.      Test Affektif
1.      Cobasiswaanalisisgambar di bawahinibiladikaitkandengananjuranbertoleransidalam QS. Al-Kafirun !


a.       Jelaskanpraktikgambar di atasterkaitdenganisikandungan QS. Al-Kafiruntentanganjuranbertoleransi ?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................

b.      UngkapkansikapAndamenanggapipraktikgambar di atas?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................

2.      Apa yang haruskamulakukansesuaidengan surah Al-Kafirunjikakamumenjumpaikondisiseperti di bawahini :

No
Pernyataan
Perbuatan yang harusdilakukan
1
Mendengarberitakematianteman yang berbeda agama

………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
2
Melihatsiswakulithitam yang diejekdiantarasiswalainnya

………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
3
Berkunjungkerumahteman yang berbeda agama

………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
4
Berbedapendapatketikaberdiskusidalamkelompok

………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
5
Bersekolah di lingkungan yang ekonominya di ataskita

………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..

       III.      Test Psikomotorik
1.      Bacalah QS. Al-Kafirunbesertaterjemahannyadenganbaikdanbenar !


D.    PedomanPenilaian
             I.        Test Kognitif
A. Menjodohkan
KriteriaPenilaian
Skor
1.
C.
5
2.
A.
5
3.
B.
5
4.
G.
5
5.
F.
5
               Total  Skor
25

B.  PilihanBenar Salah
No.
KriteriaPenilaian
Skor
1.
B
5
2.
B
5
3.
B
5
4.
S
5
5.
S
5
               Total  Skor
25

C. Uraian
No. Soal
KriteriaPenilaian
SkorMaksimal
SkorPerolehan
1.
-       Siswamenulis QS. Al-Kafirundenganbenardandengansyakal
-       Siswamenulis QS. Al-Kafirundenganbenarnamuntanpasyakal
-       Siswamenulis QS. Al-Kafirunnamunsyakalnyasalah
-       Siswamenjawabsalah
10

5

7

2
10
...
2.
-       SiswamenyebutkanduakandunganQS. Al-Kafirundenganbenar
-       Siswahanyamenyebutkansalahsatukandungan QS. Al-Kafirun
-       Siswamenyebutkankeduakandungan QS. Al-Kafiruntapikurangtepat
-       Siswamenjawabsalah
10

5

7

2
10
...
3.
-       Siswamenjelaskankandunganayat ke-2 dan ke-4 denganlengkapdanbenar
-       Siswamenjelaskankuranglengkap
-       Siswamenjawabsalah
10

6
2
10
...
4.
-       Siswakonseptoleransidalam Islam denganlengkapdanbenar
-       Siswamenjelaskankuranglengkap
-       Siswamenjawabsalah
10

6
2
10
...
5.
-       Siswamenyebutkanmasing-masing 2 contohsikaptoleransidalamketigaaspekdenganbenar
-       Siswahanyamenyebutkandalamsalahsatuaspek
-       Siswamenjawabsalah
10


4

2
10
...
Total  Skor
50
...

      II.            Test Afektif
Jawabanbolehbermacam-macam, namunpadapokokjawabannyadapatdikelompokkansebagaiberikut:
No. Soal
KriteriaPenilaian
SkorMaksimal
SkorPerolehan
1.
-        
-        
-        
3
3
4
10
...
2.
-        
-        
-        
3
3
4
10
...
Total  Skor
20
...

No. Soal
KriteriaPenilaian
SkorMaksimal
SkorPerolehan
1.
-        
-        
3
3
6
...
2.
-        
-        
3
3
6
...
3.
-        
-        
3
3
6
4.
-        
-        
3
3
6
5.
-        
-        
3
3
6
Total  Skor
30
...

   III.            Test Psikomotorik
No.
Aspek yang dinilai
SkorMaksimal
Skorperolehan
1.
Membaca

a.       Tajwid
10
...

b.      Kelancaranmembaca
10
...
2.
Menghafal

a.       Tajwid
10
...

b.      Kelancaranmenghafal
10
...
3.
Mengartikan

a.       Ketepatandalammengartikan
10
...
SkorMaksimal
50
...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About