MEDIA LEMBAR KERJA SISWA
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Pengantar Media PAI
Dosen Pengampu: Dr. Sukiman,
M.Ag
Disusun Oleh Kelompok VIII:
EmanRoheman V PAI A / 10411004
GalihLatiano V PAI A / 10411011
Imalia
Yoni P. V PAI A / 10411019
AnasArrosyid V PAI A / 10411020
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2012
A.
Identitas
NamaSekolah : SMA / MA
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Kelas / Semester : XII / I
B.
StandarKompetensi
Memahamiayat-ayat
Al-Qur’an tentanganjuranbertoleransi
C.
KompetensiDasar
Membiasakanperilakubertoleransisepertiterkandungdalam
QS.alKafiiruun
D.
Indokator
1.
Siswamampumembaca QS.
Al-Kafirun
2.
Siswamampumenjelaskankandunganisi
QS. Al-Kafirun
3.
Siswamampumenampilkancontohperilakutoleransidalamkehidupansehari-hari
E.
MateriPokok
1.
QS. Al-Kafirun
2.
Kandunganisi QS.
Al-Kafirun.
3.
Contohperilakutoleransidalamkehidupansehari-hari.
F.
RingkasanMateri
Al Qur’an TentangToleransi
Surat
al-Kafirun
A.
QS. Al-Kafirun
Surat
al-Kaafirunterdiriatas 6 ayatsuratdanmerupakansurat yang ke 109. Surat
al-Kafiruntermasukgolongansurat-suratMakkiyyahsesudahsurat al-Maa’uun.
Suratinidinamai al Kaafirun (orang-orang Kafir) karenadiambildariperkataan
Al-Kaafiruun yang terdapatpadaayatpertamasuratini.
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
۰۱ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
۰٢ لَا
أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
۰٣ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
۰٤ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
۰٥ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُد
۰٦ لَكُمْ
دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
“ Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."
1.
Katakanlah: "Hai orang-orang
kafir!"
2.
aku tidak akan menyembah apa yang kamu
sembah
3. Dan kamu bukan penyembah Ilah yang aku sembah
4.
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang
kamu sembah,
5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Ilah yang aku sembah
6.
Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku. [QS. Al-Kafiruun : 1-6]
B.
Kandungan Isi QS. Al Kafirun
Secaraumum,
surat al-Kafirunmemilikiduakandunganutama. Pertama, ikrarkemurniantauhid,
khususnyatauhiduluhiyah (tauhidibadah).Kedua,
ikrarpenolakanterhadapsemuabentukdanpraktekperibadatankepadaselain Allah, yang
dilakukanoleh orang-orang kafir.Secarakeseluruhan QS.
Al-Kafirunmengajarkantentangsikappengakuanterhadapkemajemukandalamhalberagamanamunbukanpengakuanpembenaranterhadap
agama lain. Kaummukminindibolehkanbergaul, berhubungan,
berinteraksidanbekerjasamadengankaumpegikut agama lain
dalamberbagaibidangkehidupanumum, sepertibidangsosialkemasyarakatan, ekonomi,
bisnisdanperdagangan, politik, pemerintahandankenegaraan, dan lain-lain. Yang
jelassemuabidangselainbidangkhusus agama yang mencakupmasalahaqidahdanibadah.
C.
ContohPerilakuMenjagaKelestarianLingkunganHidup
1.
DalamKehidupanSekolah
Contoh-contohtoleransidalamkehidupansekolahantara lain:
a.
Mematuhitatatertibsekolah.
b.
Salingmenyayangidanmenghormatisesamapelajar.
c.
Berkata yang sopanataumenyinggungperasaan orang lain.
2.
DalamKehidupan di Masyarakat
Contoh-contohtoleransidalamkehidupan di masyarakatantara
lain:
a.
Adanyasikapsalingmenghormatidanmenghargaiantarapemeluk
agama.
b.
Tidakmembeda-bedakansuku, rasataugolongan.
3.
DalamKehidupanBerbangsadanBernegara
Contoh-contohtoleransidalamkehidupanberbangsadanbernegaraantara
lain:
a.
Merasasenasibsepenanggungan.
b.
Menciptakanpersatuandankesatuan, rasa
kebangsaanataunasionalisme.
c.
Mengakuidanmenghargaihakasasimanusia
G.
Tugas
I.
Test Kognitif
A.
Menjodohkan - Jawablahpertanyaan
di bawahinidengancaramenjodohkanpernyataan di kolomsebelahkanandenganjawaban di
kolomsebelahkiri!
1.
Sikapmenghormatidanmenghargaiperbedaan yang ada di
antaraumat.
|
a.
Toleransi di sekolah
b.
Makiyyah
|
2.
Berkata yang sopanataumenyinggungperasaansiswa lain.
|
c.
Toleransi
d.
Madaniyyah
|
3.
Surat-surat yang diturunkan di Makkah
|
e.
Tauhidurububiyah
|
4.
Tauhiddalamhalibadah
|
f.
QS. Al-Kafirunayat 2
|
5.
لَا
أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
|
g.
Tauhiduluhiyah
|
B.
PilihanBenar Salah - Berikantndasilang (X) padajawaban B bilaBenardan S bila Salah dari pernyataan di bawah ini!
1.
B
– S. Surat al-Kafirunterdiridari 6
ayatdantermasukgolongansurat-suratMakiyyah.
2.
B
– S. Kandunganutamasurat
al-Kafirundiantaranyaadalahikrarkemurniantauhiddanikrarpenolakanterhadapsemuabentukdanpraktekperibadatankepadaselain
Allah.
3.
B
– S. QS.
Al-Kafirunmengajarkantentangsikappengakuanterhadapkemajemukandalamhalberagama.
4.
B
– S. Agama
islammemperbolehkanbekerjasamadenganpemeluk agama laindalamhalibadah.
5.
B
– S. Menciptakanpersatuandankesatuan, rasa
kebangsaanataunasionalismemerupakansalahsatucontohsikaptoleransidalamkehidupanbermasyarakat.
C. Uraian - Jawablahpertanyaan di bawahinidengantepatdanbenar!
1.
Tuliskan QS. Al-Kafirunayat 1-6
lengkapdengansyakalnya!
2.
Sebutkan 2
kandungankandunganutamasurat al-Kafirun!
3.
Jelaskanpenegasanayatkeduadankeempatdarisurat
al-Kafirun!
4.
Jelaskankonseptoleransidalam Islam surat al-Kafirun!
5.
Sebutkanmasing-masing 2 contohsikaptoleransidalam kehidupandi sekolah, kehidupan di masyarakatdandalambehidupanberbangsadanbernegara!
II.
Test Affektif
1.
Cobasiswaanalisisgambar di bawahinibiladikaitkandengananjuranbertoleransidalam
QS. Al-Kafirun !
a.
Jelaskanpraktikgambar di
atasterkaitdenganisikandungan QS. Al-Kafiruntentanganjuranbertoleransi ?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
b.
UngkapkansikapAndamenanggapipraktikgambar
di atas?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
2.
Apa yang haruskamulakukansesuaidengan surah Al-Kafirunjikakamumenjumpaikondisiseperti
di bawahini :
No
|
Pernyataan
|
Perbuatan yang
harusdilakukan
|
1
|
Mendengarberitakematianteman
yang berbeda agama
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
2
|
Melihatsiswakulithitam
yang diejekdiantarasiswalainnya
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
3
|
Berkunjungkerumahteman
yang berbeda agama
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
4
|
Berbedapendapatketikaberdiskusidalamkelompok
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
5
|
Bersekolah di
lingkungan yang ekonominya di ataskita
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
III.
Test Psikomotorik
1.
Bacalah QS.
Al-Kafirunbesertaterjemahannyadenganbaikdanbenar !
D. PedomanPenilaian
I.
Test Kognitif
A. Menjodohkan
KriteriaPenilaian
|
Skor
|
|
1.
|
C.
|
5
|
2.
|
A.
|
5
|
3.
|
B.
|
5
|
4.
|
G.
|
5
|
5.
|
F.
|
5
|
Total Skor
|
25
|
B. PilihanBenar Salah
No.
|
KriteriaPenilaian
|
Skor
|
1.
|
B
|
5
|
2.
|
B
|
5
|
3.
|
B
|
5
|
4.
|
S
|
5
|
5.
|
S
|
5
|
Total Skor
|
25
|
C. Uraian
No. Soal
|
KriteriaPenilaian
|
SkorMaksimal
|
SkorPerolehan
|
|
1.
|
-
Siswamenulis QS.
Al-Kafirundenganbenardandengansyakal
-
Siswamenulis QS.
Al-Kafirundenganbenarnamuntanpasyakal
-
Siswamenulis QS.
Al-Kafirunnamunsyakalnyasalah
-
Siswamenjawabsalah
|
10
5
7
2
|
10
|
...
|
2.
|
-
SiswamenyebutkanduakandunganQS.
Al-Kafirundenganbenar
-
Siswahanyamenyebutkansalahsatukandungan
QS. Al-Kafirun
-
Siswamenyebutkankeduakandungan
QS. Al-Kafiruntapikurangtepat
-
Siswamenjawabsalah
|
10
5
7
2
|
10
|
...
|
3.
|
-
Siswamenjelaskankandunganayat
ke-2 dan ke-4 denganlengkapdanbenar
-
Siswamenjelaskankuranglengkap
-
Siswamenjawabsalah
|
10
6
2
|
10
|
...
|
4.
|
-
Siswakonseptoleransidalam
Islam denganlengkapdanbenar
-
Siswamenjelaskankuranglengkap
-
Siswamenjawabsalah
|
10
6
2
|
10
|
...
|
5.
|
-
Siswamenyebutkanmasing-masing
2 contohsikaptoleransidalamketigaaspekdenganbenar
-
Siswahanyamenyebutkandalamsalahsatuaspek
-
Siswamenjawabsalah
|
10
4
2
|
10
|
...
|
Total Skor
|
50
|
...
|
II.
Test Afektif
Jawabanbolehbermacam-macam,
namunpadapokokjawabannyadapatdikelompokkansebagaiberikut:
No. Soal
|
KriteriaPenilaian
|
SkorMaksimal
|
SkorPerolehan
|
|
1.
|
-
-
-
|
3
3
4
|
10
|
...
|
2.
|
-
-
-
|
3
3
4
|
10
|
...
|
Total Skor
|
20
|
...
|
No. Soal
|
KriteriaPenilaian
|
SkorMaksimal
|
SkorPerolehan
|
|
1.
|
-
-
|
3
3
|
6
|
...
|
2.
|
-
-
|
3
3
|
6
|
...
|
3.
|
-
-
|
3
3
|
6
|
…
|
4.
|
-
-
|
3
3
|
6
|
…
|
5.
|
-
-
|
3
3
|
6
|
…
|
Total Skor
|
30
|
...
|
III.
Test Psikomotorik
No.
|
Aspek yang dinilai
|
SkorMaksimal
|
Skorperolehan
|
1.
|
Membaca
|
||
|
a.
Tajwid
|
10
|
...
|
|
b.
Kelancaranmembaca
|
10
|
...
|
2.
|
Menghafal
|
||
|
a.
Tajwid
|
10
|
...
|
|
b.
Kelancaranmenghafal
|
10
|
...
|
3.
|
Mengartikan
|
||
|
a.
Ketepatandalammengartikan
|
10
|
...
|
SkorMaksimal
|
50
|
...
|
0 komentar:
Posting Komentar