LAPORAN HASIL DISKUSI
Pemakalah:Yesi Yusan Aryani dan Afidatun
Rangkuman:
A.
Pengertian
Perpustakaan
Perpustakaan merupakan suatu satuan kerja organisasi, badan atau
lembaga. Satuan unit kerja tersebut dapat berdiri sendiri, tetapi dapat juga
merupakan bagian dari organisasi di atasnya yang lebih besar. Perpustakaan yang
berdiri sendiri seperti perpustakaan umum, Unit Pelaksana Teknis (UPT)
perpustakaan pada universitas dan perpustakaan nasional. Sedangkan,
perpustakaan yang merupakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar
seperti perpustakaan khusus/ kedinasan yang bergabung dengan suatu lembaga yang
mengkoordinasikannya, dan perpustakaan sekolah yang bernaung di bawah lembaga
pendidikan tersebut.
B.
Unsur Unsur
Perpustakaan
Sebuah perpustakaan sebagai
salah satu unit kerja mempunyai
unsur-unsur atau persyaratan seperti berikut.
1.
Adanya
organisasi
2.
Dalam surat
keputusan pendiriannya, harus tercantum secara jelas tugas,
fungsi,wewenang,tanggungjawab dan struktur organisasinya.
3.
Surat keputusan
itu merupakan landasan hukum konsideran, pertimbangan tentang pembentukan
perpustakaan
C.
Kebutuhan Pokok
Perpustakaan
Berikut beberapa kebutuhan pokok perpustakaan sebagai unit kerja:
1.
Gedung
(ruangan)
2.
Koleksi bahan
pustaka.
3.
Perlengkapan
dan perabot
4.
Mata anggaran
atau sumber pembiyaan
D.
Empat Pilar
Perpustakaan
1.
Pustakawan
2.
User
3.
Pustaka
4.
Gedung
perpustakaan.
E.
Peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah
Tujuan
utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan
bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya
adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler,
ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu
menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi
belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa
cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya
pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan
memelihara bahan pustaka dengan baik.
Berdasarkan
tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi
perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi
Edukatif.
2. Fungsi Informatif.
3. Fungsi Administratif
4. Fungsi Rekreatif.
5. Fungsi Penelitian
Sumbangan /
peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan
pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat
mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta
memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup
memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap
sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan
memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan
yang beraneka ragam.
5.
Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan
perpustakaan yang efisien dan efektif.
Petanyaan :
1.
Bagaimana cara
memaksimalkan perpustakaan?
2.
Bagaimana
menurut anda tentang perpustakaan yang ada kantinnya?
3.
Bagaimana cara
memaksimalkan lingkungan sebgai sumber belajar?
4.
Apa pengertian
micro fielie?
5.
Bagaimana
pendapat anda tentang perpustakaan UIN Sunan Kalijaga?
6.
Adakah kendala
dalam lingkungan sebagai media belajar?
7.
Sebutkan contoh
penerapan media lingkungan?
Jawaban:
1.
Cara
memaksimalkan perpustakaan adalah dengan membuat ruangan yang bervariatif,
seperti di dinding dinding diberi lukisan atau slogan slogan, buku harus up to
date dan bagus serta banyak dan mencakup semua ilmu pengetahuan, selain itu
area hotspot juga bagus untuk memaksimalkan perpustakaan. Jika memungkinkan
ruangan diberi AC atau kipas angin supaya user betah didalam perpustakaan dan
pelayanannya harus baik dalam artian petugas perpustakaan harus ramah dan
cekatan dlam melayani pengunjung perpustakaan, kalau petugas perpustakaan galak
serta kurang terampil dalam menjalankan tugasnya maka para user enggan ke
perpustakaan.
2.
Perpustakaan
yang ada kantinya menurut saya sangat bagus jika dimanfaatkan dengan baik, asal
kantin tidak jadi satu dengan ruang baca atau ruangan yang terdapat banyak
buku. Manfaat kantin adalah agar pengunjung jika lapar langsung bisa makan
tanpa meninggalkan perpustakaan, masalahnya jika tidak ada kantin maka
pengunjung yang datang lalu lapar maka mereka akan mencari makan diluar dan
malas kembali keperpustakaan. Tetapi jika kantin jadi satu dengan ruang baca
dan pengunjung bebas menggunakan bukunya di kantin maka tidak dipungkiri buku buku
dikantin akan rusak karena makanan atau minuman yang tumpah dan lain
sebagaianya.
3.
Cara
mengoptimalkan lingkunagan sebagai sumber belajar adalah bahwa guru harus
mengembangkan keprofesionalannya seperti mengembangkan kompetensi sosial,
karena jika kompetensi sosial guru dapat berkembang dengan baik maka guru akan
peka terhadap lingkungan sekitar sehingga guru dapat membawa peserta didik
untuk tanggap terhadap lingkungan sekitar dan kritis terhadap permasalahan yang
ada dilingkungannya. Selain itu guru juga harus kreatif, misalnya guru mengajak
siswa untuk belajar di alam, memanfaatkan alam untu belajar, guru juga dapat
memberi penugasan diluar, seperti pengamatan lingkungan sosial atau lingkungan
alam sekitar mereka tinggal.
4.
Pengertian
microfielie adalah pengurungan ukuran kecil sehingga tidak dapat dilihat
kecuali dengan alat bantu
5.
Menurut saya
perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sangat bagus dan memenuhi standar perpustakaan
perguruan tinggi, maka tidak heran jika perpustakaan uin adalah perpustakaan
yang terbaik se Indonesia dan layak masuk MURI karena fasilitas disana sangat
memadai seperti buku buku yang sangat lengkap, ruangan yang nyaman, terdapat AC
dan fasilitas hotspot, tempat duduk yang nyaman, opac yang dapat memudahkan
siswa mencari sumber refrensi, serta meminjam dan mengembalikan buku dengan
alat bantu komputer yang canggih juga memudahkan user dalam menikmati
perpustakaan dan belajar selain itu meminjam dan masuk perpustakaan juga sangat
simpel hanya dengan kartu mahasiswa yang telah dihubungkan dengan suatu alat
pendeteksi sehingga kita tidak perlu mencatat di buku pengunjung. Selain itu
petugas perpustakaan yang ramah juga membuat betah user yang datang.
6.
Kendala
lingkungan sebagai media belajar adalah biasanya persiapan untuk belajar kurang
matang, sehingga saat proses pembelajaran dilakukan diluar kelas maka banyak
waktu sia sia, mereka kurang efektif melakukan pembelajaran dilingkungan karena
tidak matangnya persiapan sehingga mereka hanya bermain main diluar tanpa
belajar dengan baik.
7.
Contoh penerapan
media lingkungan adalah mislanya siswa diajak study tour ke masjid agung untuk
mengetahui sejarah masuknya islam di Yogyakarta, siswa diajak ke makam wali
untuk mengetahui nama dan sejarah para wali dan lain sebagainya. Selain
bangunan bangunan bernilai sejarah guru juga bisa memanfaatkan pantai atau
pegunungan untuk tadabur alam sehingga ketauhidan siswa semakin bertambah.
salam kenal duku.
BalasHapus