Pages

Pages - Menu

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Senin, 31 Desember 2012

LAPORAN HASIL DISKUSI LEMBAGA PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN


LAPORAN HASIL DISKUSI
Judul Makalah:Lembaga Perpustakaan
Pemakalah:Yesi Yusan Aryani dan Afidatun
Rangkuman:
A.    Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan merupakan suatu satuan kerja organisasi, badan atau lembaga. Satuan unit kerja tersebut dapat berdiri sendiri, tetapi dapat juga merupakan bagian dari organisasi di atasnya yang lebih besar. Perpustakaan yang berdiri sendiri seperti perpustakaan umum, Unit Pelaksana Teknis (UPT) perpustakaan pada universitas dan perpustakaan nasional. Sedangkan, perpustakaan yang merupakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar seperti perpustakaan khusus/ kedinasan yang bergabung dengan suatu lembaga yang mengkoordinasikannya, dan perpustakaan sekolah yang bernaung di bawah lembaga pendidikan tersebut.
B.     Unsur Unsur Perpustakaan
Sebuah perpustakaan sebagai  salah satu unit kerja  mempunyai unsur-unsur atau persyaratan seperti berikut.
1.      Adanya organisasi
2.      Dalam surat keputusan pendiriannya, harus tercantum secara jelas tugas, fungsi,wewenang,tanggungjawab dan struktur organisasinya.
3.      Surat keputusan itu merupakan landasan hukum konsideran, pertimbangan tentang pembentukan perpustakaan
C.     Kebutuhan Pokok Perpustakaan
Berikut beberapa kebutuhan pokok perpustakaan sebagai unit kerja:
1.      Gedung (ruangan)
2.      Koleksi bahan pustaka.
3.      Perlengkapan dan perabot
4.      Mata anggaran atau sumber pembiyaan
D.    Empat Pilar Perpustakaan
1.      Pustakawan
2.      User
3.      Pustaka
4.      Gedung perpustakaan.
E.       Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1.       Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2.      Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3.      Memperluas pengetahuan para siswa.
4.      Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5.      Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1.      Fungsi  Edukatif.
2.      Fungsi Informatif.
3.      Fungsi Administratif
4.      Fungsi Rekreatif.
5.      Fungsi Penelitian
Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :

1.      Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2.      Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3.      Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4.      Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5.      Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
Petanyaan :
1.      Bagaimana cara memaksimalkan perpustakaan?
2.      Bagaimana menurut anda tentang perpustakaan yang ada kantinnya?
3.      Bagaimana cara memaksimalkan lingkungan sebgai sumber belajar?
4.      Apa pengertian micro fielie?
5.      Bagaimana pendapat anda tentang perpustakaan UIN Sunan Kalijaga?
6.      Adakah kendala dalam lingkungan sebagai media belajar?
7.      Sebutkan contoh penerapan media lingkungan?
Jawaban:
1.      Cara memaksimalkan perpustakaan adalah dengan membuat ruangan yang bervariatif, seperti di dinding dinding diberi lukisan atau slogan slogan, buku harus up to date dan bagus serta banyak dan mencakup semua ilmu pengetahuan, selain itu area hotspot juga bagus untuk memaksimalkan perpustakaan. Jika memungkinkan ruangan diberi AC atau kipas angin supaya user betah didalam perpustakaan dan pelayanannya harus baik dalam artian petugas perpustakaan harus ramah dan cekatan dlam melayani pengunjung perpustakaan, kalau petugas perpustakaan galak serta kurang terampil dalam menjalankan tugasnya maka para user enggan ke perpustakaan.
2.      Perpustakaan yang ada kantinya menurut saya sangat bagus jika dimanfaatkan dengan baik, asal kantin tidak jadi satu dengan ruang baca atau ruangan yang terdapat banyak buku. Manfaat kantin adalah agar pengunjung jika lapar langsung bisa makan tanpa meninggalkan perpustakaan, masalahnya jika tidak ada kantin maka pengunjung yang datang lalu lapar maka mereka akan mencari makan diluar dan malas kembali keperpustakaan. Tetapi jika kantin jadi satu dengan ruang baca dan pengunjung bebas menggunakan bukunya di kantin maka tidak dipungkiri buku buku dikantin akan rusak karena makanan atau minuman yang tumpah dan lain sebagaianya.
3.      Cara mengoptimalkan lingkunagan sebagai sumber belajar adalah bahwa guru harus mengembangkan keprofesionalannya seperti mengembangkan kompetensi sosial, karena jika kompetensi sosial guru dapat berkembang dengan baik maka guru akan peka terhadap lingkungan sekitar sehingga guru dapat membawa peserta didik untuk tanggap terhadap lingkungan sekitar dan kritis terhadap permasalahan yang ada dilingkungannya. Selain itu guru juga harus kreatif, misalnya guru mengajak siswa untuk belajar di alam, memanfaatkan alam untu belajar, guru juga dapat memberi penugasan diluar, seperti pengamatan lingkungan sosial atau lingkungan alam sekitar mereka tinggal.
4.      Pengertian microfielie adalah pengurungan ukuran kecil sehingga tidak dapat dilihat kecuali dengan alat bantu
5.      Menurut saya perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sangat bagus dan memenuhi standar perpustakaan perguruan tinggi, maka tidak heran jika perpustakaan uin adalah perpustakaan yang terbaik se Indonesia dan layak masuk MURI karena fasilitas disana sangat memadai seperti buku buku yang sangat lengkap, ruangan yang nyaman, terdapat AC dan fasilitas hotspot, tempat duduk yang nyaman, opac yang dapat memudahkan siswa mencari sumber refrensi, serta meminjam dan mengembalikan buku dengan alat bantu komputer yang canggih juga memudahkan user dalam menikmati perpustakaan dan belajar selain itu meminjam dan masuk perpustakaan juga sangat simpel hanya dengan kartu mahasiswa yang telah dihubungkan dengan suatu alat pendeteksi sehingga kita tidak perlu mencatat di buku pengunjung. Selain itu petugas perpustakaan yang ramah juga membuat betah user yang datang.
6.      Kendala lingkungan sebagai media belajar adalah biasanya persiapan untuk belajar kurang matang, sehingga saat proses pembelajaran dilakukan diluar kelas maka banyak waktu sia sia, mereka kurang efektif melakukan pembelajaran dilingkungan karena tidak matangnya persiapan sehingga mereka hanya bermain main diluar tanpa belajar dengan baik.
7.      Contoh penerapan media lingkungan adalah mislanya siswa diajak study tour ke masjid agung untuk mengetahui sejarah masuknya islam di Yogyakarta, siswa diajak ke makam wali untuk mengetahui nama dan sejarah para wali dan lain sebagainya. Selain bangunan bangunan bernilai sejarah guru juga bisa memanfaatkan pantai atau pegunungan untuk tadabur alam sehingga ketauhidan siswa semakin bertambah.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About